Tips menghemat biaya servis dan sparepart Hydraulic Breaker

reparasi hydraulic breaker
reparasi hydraulic breaker

Bagaimana cara mencegah ring bush (bushing ring) hydraulic breaker pecah di dalam?

Penyebab utama ring bush (bushing ring) pecah di dalam adalah karena kurangnya pelumasan, sehingga pada saat gesekan dengan chisel hydraulic breaker mengikis permukaan ring bush (bushing ring) dan menurunkan daya tahan ring bush secara terus menerus. Dalam hal pengoperasian ringan pelumasan bagian dalam ring bush harus dilakukan sesuai buku petunjuk perawatan, dengan catatan bahwa hydraulic breaker tidak dilengkapi dengan accumulator (sistem pelumasan otomatis). Penggunaan hydraulic breaker secara intensif seperti memecahkan batuan besar untuk pembuatan terowongan, pertambangan, penghancuran batuan andesit, penghancuran tiang bangunan yang memiliki beton bertulang, pelumasan harus sering dilakukan kurang lebih 30 menit dalam bbrp kali pengaplikasian.

hydraulic breaker yang mengalami kerusakan

Jika Hydraulic Breaker tidak berfungsi, bagaimana cara mengurangi dampak biaya besar perbaikan yang ditimbulkan?

Jika Hydraulic Breaker malfungsi segera hentikan pengoperasian untuk mengisolasi dan meminimalkan dampaknya. jika anda menemukan ada kebocoran oli periksa pipa penghubung, dan bila itu bukan penyebab kebocoran oli pelumasnya maka solusinya adalah memberitahukan kepada kami agar teknisi kami dapat membantu anda segera untuk perbaikannya. dan juga periksa secara reguler ring bush (bushing ring) untuk menjaga keawetan hydraulic breaker anda. Jika anda dapat memasukkan pensil/pulpen ke dalam sela sela antara chisel dan ring bush (bushing ring) maka dapat dipastikan ring bush (bushing ring) harus segera diganti yang baru agar piston anda selamat dan tidak akan keluar uang untuk pembelian sparepart piston baru untuk hydraulic breaker anda.

ketukan pendek hydraulic breaker
ketukan pendek hydraulic breaker

Mengapa ketukan pendek hydraulic breaker bisa membuat hemat biaya perbaikan?

Ketukan panjang hydraulic breaker lebih dari 20 detik dapat menyebabkan kepala piston hydraulic breaker menjadi panas berlebihan dan membuat cepat rusak serta menyebabkan efek kepala jamur karena memuai sehingga menyebabkan piston menjadi macet di dalam ulir hydraulic breaker. Efek lain dari ketukan panjangan hydraulic breaker lebih dari 20 detik adalah piston hydraulic breaker menjadi bergetar tidak beraturan di dalam silinder dan membuat pecah lapisan minyak pelumas serta menyebabkan kejang-kejang ke kiri dan kanan membentur dinding silinder. Selain itu efek lainnya adalah ujung dari chisel dapat memanas berlebihan yang menyebabkan keausan parah dan dalam kondisi paling ekstrim chisel menjadi bersinar merah karena terlalu panas dan bisa menyebabkan chisel menjadi patah.

proses penyetingan hydraulic breaker agar lebih hemat
proses penyetingan hydraulic breaker agar lebih hemat

Settingan apa di excavator yang dapat membuat biaya perbaikan hydraulic breaker menjadi hemat?

Paling penting adalah untuk menjaga agar aliran oli hidrolik dari excavator ke hydraulic breaker bebas dan selalu cycling (membalik arah) dengan bebas. Aliran hidrolik yang berlebih atau overflow oli akan mengurangi umur dari alat tersebut. Jangan memasang hydraulic breaker pada excavator baru tanpa memeriksa aliran oli hidroliknya. Jika excavator memiliki fitur mode hydraulic breaker maka pastikan program mode berfungsi dengan benar, dan ingatkan kepada operator excavator untuk selalu menggunakan mode ini pada saat pengoperasian. Pada Hidrolik breaker ukuran besar arus balik dari oli hidrolik harus selalu menuju filter pada excavator, untuk bantuan teknis anda bisa hubungi dealer atau tempat anda menyewa hidrolik breaker tersebut.

proses perawatan hydraulic breaker 6 bulanan
proses perawatan hydraulic breaker 6 bulanan

Apakah perawatan hydraulic breaker secara berkala benar-benar mengurangi biaya pengoperasian dan juga biaya pemeliharaan?

Dalam hal perawatan berkala baik itu bulanan, 6 bulan, maupun 1 tahun, karet seal dan membrane hydraulic breaker harus diganti, Pemeriksaan semua bagian dengan item yang sudah aus diganti seperlunya. Dengan melakukan perawatan berkala secara teratur, Anda mungkin dapat menghindari kerusakan besar yang tidak direncanakan, memastikan bahwa breaker anda selalu siap setiap saat dan profitabilitas setinggi mungkin.

contoh pengoperasian hydraulic breaker

Apakah metode pengoperasian hydraulic breaker dapat mempengaruhi biaya operasional?

Jawabannya adalah iya sangat mempengaruhi, Inspeksi dan perawatan berkala akan mempengaruhi biaya operasional anda secara jangka pendek namun anda akan mendapatkan manfaat jangka panjang yang tidak ternilai, untuk informasi lebih lanjut anda bisa hubungi team kami.

operator excavator sedang memeriksa hydraulic breaker

Apalagi yang bisa dilakukan untuk menekan biaya operasional dari hydraulic breaker?

Salah satu faktor terbesar yang tidak ternilai untuk menekan biaya operasional hydraulic breaker adalah operator yang memiliki skill kompenten dan berpengalaman. Maka dari itu aset terbesar dalam hal menekan biaya operasional serta biaya perbaikan hydraulic breaker justru terletak dari man behind the gun alias operator dari excavator itu sendiri. Adalah suatu kewajiban seorang operator untuk menjaga aset perusahaan berupa hidrolik breaker agar tetap awet, melalui berbagai cara semisal membaca dan memahami manual book dari hydraulic breaker itu sendiri, bagaimana cara pengoperasiannya, problem solving jika terjadi berbagai kegagalan, mengenal medan lapangan tempat dia akan menggunakan hidrolik breaker, dan lain sebagainya.

penyimpanan hydraulic breaker untuk jangka panjang
penyimpanan hydraulic breaker untuk jangka panjang

Bagaimana cara penyimpanan Hydraulic Breaker agar selalu awet dan siap pakai?

Untuk penyimpanan hydraulic breaker jangka pendek:

Lepas Hydraulic Breaker dari Excavator lalu letakkan Hidrolik Breaker pada balok kayu (posisi tidur), lepaskan pin lock untuk memutus piston agar tidak mengetuk. Lepaskan Chisel dari Pin penahan dan pastikan ring bush (bushing ring) dan bagian bawah piston terlumasi pelumas dengan baik. Pasang kembali Chisel dan tutup dengan terpal.

Untuk penyimpanan Hydraulic Breaker jangka panjang:

Lepas Hydraulic Breaker dari Excavator, Lalu Lumasi secara perlahan di bagian dalam front head, bagian bawah piston, dan pin penahan. Lepaskan tekanan gas ruang bantalan. Dorong piston ke atas bagian dalam hidrolik breaker. Pasang kembali alat. Tutup dengan terpal.

Alternatif penyimpanan Hydraulic Breaker jangka panjang:

Simpan breaker dalam posisi tegak di dudukan pengaman. Jangan lepaskan tekanan gas nitrogen dari ruang bantalan. Biarkan beban breaker mendorong chisel ke atas masuk ke dalam breaker.

Demikianlah tips cara merawat hydraulic breaker ini kami sajikan untuk anda, jika anda berminat untuk memesan sparepart hydraulic breaker anda dapat menghubungi kami.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top