Sejarah Hydraulic Breaker Excavator

Sejarah singkat hydraulic breaker ( palu hidrolik ekskavator )

Hydraulic Breaker HM 400

foto: hydraulic breaker generasi pertama buatan Krupp tipe HM 400

Krupp adalah pencipta awal hydraulic breaker

Hydraulic Breaker adalah tools tambahan pertama yang diciptakan untuk ekskavator pada tahun 1963 oleh para ilmuwan yang bekerja di perusahaan KRUPP asal Jerman. Lebih dari 60 tahun lalu Krupp menjadi pioner pertama dibidang attachment untuk ekskavator yang menciptakan HM 400 di Hannover Fair Jerman barat pada tahun 1967 Pemecah batu pertama yang diproduksi secara massal adalah Krupp HM 400 pada tahun 1967 dan paten diberikan pada tahun 1963. hydraulic breaker ekskavator adalah perangkat tambahan sejenis palu yang benturannya dirancang untuk memecahkan semua jenis batu atau beton dengan terarah dan hentakan yang kuat secara terus menerus selama beberapa detik. penggunaan hydraulic breaker ekskavator biasa dipakai seperti proyek pembongkaran, dekonstruksi, pertambangan batuan andesit, tambang batuan sekunder, penggalian parit, pekerjaan pondasi, pemotongan aspal dan lain lain.

Cara kerja hydraulic breaker generasi awal

Hydraulic breaker ekskavator HM 400 yang dipamerkan menarik minat banyak orang ketika ditampilkan di pameran Hannover Jerman pada tahun 1967, dan lebih dari 2.000 unit terjual pada saat pameran. Krupp mengembangkan hydraulic breaker ekskavator HM 400 dengan menggunakan teknologi hidrolik. Tenaga hidrolik digunakan untuk mentransfer energi ke chamber lalu dengan kompresi tinggi piston terdorong maju untuk memukul palu hydraulic breaker ekskavator untuk kemudian dikonversi menjadi daya pukul, menjadikannya alat yang ampuh untuk memecahkan batu dan alat ini segera dibeli oleh banyak perusahaan tambang yang ingin memecah material berukuran besar atau membuka sit pit tambang.

Kelemahan hydraulic breaker generasi awal

Namun hydraulic breaker ekskavator generasi awal memiliki kekurangan, yaitu rentan rusak jika chisel tidak bersentuhan dengan material yang akan dipatahkan dan akan tetap menembak kosong ( blank firing ) bahkan untuk waktu yang singkat, sehingga banyak menghasilkan kerugian yang luar biasa besar bagi para pelaku usaha pertambangan dan baru pada tahun 1970-an masalah ini dapat terpecahkan, berkat teknologi anti blank fire yang hingga saat ini menjadikan fitur wajib yang harus ada di setiap produk hydraulic breaker.

Inovasi hydraulic breaker dari masa ke masa

Sementara Krupp mempelopori lahirnya hydraulic breaker ekskavator, perusahaan lain segera mengikuti jejak yang sama, seperti Indeco di Italia, NPK di Jepang, DYB di Korea Selatan dan Rammer di Finlandia. NPK lebih jauh mendorong batas dengan mengembangkan varian ukuran 11 ton yang sangat besar pada akhir 1980-an, meskipun ini terbukti lebih maju dari teknologi yang tersedia untuk palu hidrolik dan hanya sejumlah kecil unit yang diproduksi. Hydraulic Breaker DYB 600, DYB 750, DYB 800, DYB 1300, DYB 1500 juga diperkenalkan pada akhir 1980-an oleh grup Dong Yang, dan pada akhirnya perusahaan lainnya banyak menghadirkan berbagai jenis hydraulic breaker ekskavator.

Hingga kini teknologi hydraulic breaker terus berkembang, banyak faktor yang terlibat dalam menentukan bagaimana energi hydraulic breaker agar lebih hemat , bagaimana mengurangi panas yang dihasilkan oleh hydraulic breaker ekskavator, tingkat kebisingan dan pilihan mode operasi hidrolik bekerja, sangat sangat kompleks. Tetapi unit-unit ini menjadi semakin populer dan menggantikannya di antara attachment hidrolik yang paling banyak digunakan di pasar konstruksi dan penggalian.

Saat ini PT Jindi Material Indonesia menyediakan hydraulic breaker ekskavator dari ukuran sekitar 50 kg hingga lebih dari 10.000 kg bobot operasi untuk semua jenis ekskavator. Dengan Lebih dari enam puluh tahun pengembangan hydraulic breaker ekskavator telah menghasilkan beberapa kemajuan dan inovasi pada tingkat yang berbeda seperti sistem pelumasan sendiri, sistem peredam kebisingan dan getaran, sistem penyesuaian kekerasan batuan otomatis, penghematan energi, berbagai macam benda padat. silahkan lihat produk hydraulic breaker kami di sini.