Yuk Pahami Hydraulic Breaker Secara Intens!

hydraulic breaker di pertambangan

Pada saat menghancurkan sebuah material tentunya dibutuhkan suatu alat yang tepat agar dapat bekerja dengan cepat dalam suatu proyek pembangunan ataupun pertambangan contohnya. Dalam alat berat saat menemukan suatu permukaan yang terasa keras dan juga sangat kokoh, maka alat tersebut dapat membantu untuk melumatkan bagian yang keras. Oleh karena itu, hydraulic breaker merupakan alat yang bisa menghancurkan material berat tersebut.

Hydraulic breaker ini berfungsi dalam melakukan tugas yaitu memiliki tenaga yang besar dan juga merupakan mesin yang sangat produktif. Pekerjaan konstruksi maupun juga tambang menggunakan alat dalam jalan seperti aspal maupun beton dalam menghancurkan pondasi dari material tersebut. Hal itu juga dapat digunakan dalam menghancurkan batu yang ditemukan pada saat bekerja.

Biasanya tidak jarang pada saat menggali permukaan tanah pada pekerjaan menemukan suatu batu yang tentunya menghalangi pekerjaan. Oleh karena itu, hal tersebut butuh untuk dihancurkan. Agar suatu pekerjaan dapat dikendalikan dengan lancar. Oleh sebab itu, pentingnya pemutus hidrolik yang awet dan berkualitas.

Mengenal Hydraulic Breaker

Diketahui hydraulic breaker digunakan dalam suatu pekerjaan pertambangan, penghancuran untuk penggalian yang digunakan dalam memecah batu-batu besar dengan struktur beton yang ada. Memang ada kalanya juga peledakan yang digunakan guna menghilangkan rintangan dalam lapisan batuan yang sangat tebal. Akan tetapi, menggunakan hydraulic breaker dapat menawarkan proses yang terkontrol.

Hydraulic dioperasikan dengan menggunakan piston hidrolik yaitu mengeluarkan tekanan pada bagian kepala teknik dalam menyajikan daya dorong yang sangat kuat untuk obstruksi yang ada. Adanya hydraulic breaker adalah alat cek hammer yang sangat besar dan juga tepat dalam penggunaan ruang yang sempit. Guna produksi yang senantiasa berjalan dan juga akan lebih tenang dan tidak berisik. Sebab, vibrasi yang lebih kecil. Apabila dibandingkan menggunakan metode peledakan.

39 Jenis Sparepart Hydraulic Breaker

Ada beberapa sparepart hydraulic breaker yang tentunya perlu Anda ketahui, supaya nantinya pada saat membeli alat tersebut tidak salah dalam perawatannya. Simak daftar sparepart hydraulic breaker berikut ini:

Back Head
Charging Valve
O Ring
Cylinder
Seal Retainer
Socket Plug
Gas Seal
Step Seal
Buffer Seal
Piston
Dust Seal
U Packing
Buffer Seal
Adapter
Union Cap
Valve
Valve Plug
Valve Sleeve
Front Head
Grease Nipple
Pin Rod
Pin Stop
Rubber Plug
Front Head Pin
Ring Bush
Front Cover
Chisel Breaker
Ring Washer
Through Bolt
Hex Nut
Air Check Valve
Hollow Hex Plug
Rubber Plug
Knock Pin
Hex Head Plug
Round Nut
Back Up Ring
Valve Adjuster
Nut

Hydraulic Breaker Pemasangannya di excavator

Hydraulic breaker dipasangkan pada alat berat yaitu seperti eskavator yaitu dipergunakan dalam memukul material yang dapat dijangkau oleh alat tersebut. Sistem breaker ini dipasang pada alat berat dalam mendapatkan pukulan khusus untuk dapat menghancurkan bebatuan atau objek. Satu diantaranya ialah memperhatikan kapasitas dan juga tipe yang memang disesuaikan dengan alat berat tersebut. Kerja mesin pada alat berat mempunyai kapasitas yang sebanding dengan hydraulic breaker berhubungan pada kemampuan mesin alat berat dan juga tenaga yang dikeluarkan oleh alat itu.

Kemampuan dari Hydraulic Breaker Pada excavator

Ada beberapa kemampuan yang perlu Anda ketahui dari alat yang satu ini sebagai berikut:

  • Hydraulic breaker dapat digunakan untuk membuat lubang yang sangat besar. Contohnya seperti penancapan suatu tiang pancang dan juga batang pondasi pada suatu konstruksi sehingga mempermudah pekerjaan dan dapat digunakan dengan efisien dan tentunya juga hemat waktu.
  • Membantu dalam aktivitas pertambangan. Apabila ada suatu material yang menghalangi dapat dihancurkan dalam waktu yang cepat sehingga aktivitas tersebut dapat dilanjutkan kembali.
  • Dapat membantu pekerjaan pada kehutanan. Tentunya juga alat yang satu ini bisa menjangkau area area yang dapat terlihat dan juga tersembunyi. Apalagi untuk daerah yang memang memiliki material batuan yang sangat keras di daerah hutan. Anda dapat menggunakannya untuk membuat medan dapat ditempuh dengan mudah.
  • Keunggulan dari hydraulic breaker ini tentunya dapat membongkar dan juga menghancurkan material yang besar, berat, dan juga keras seperti bebatuan ataupun yang lainnya. Sehingga Anda dapat bekerja secara optimal dalam waktu yang singkat tanpa memerlukan banyak waktu lagi.

Kemampuan dari hydraulic breaker ini pada alat berat berat tentunya tidak lepas dari bagian yang menyusunnya yaitu membentuk alat berat canggih. Hydraulic breaker dapat diubah dari fungsinya sesuai dengan kebutuhan pekerjaan tertentu dengan mengatur letak yaitu seperti komponen yang bisa dibongkar maupun juga dipasang bagian depan alat berat. Guna menyesuaikan pada jenis pekerjaan yang akan dihadapi.

Hydraulic breaker cocok digunakan untuk pekerjaan konstruksi dan juga tambang

  • Penggalian dalam pekerjaan yang digunakan untuk suatu pondasi dengan menemukan bebatuan atau pun juga menghancurkan pondasi dan beton lainnya. Maka dari itu, untuk pekerjaan konstruksi pastinya sangat memerlukan alat yang satu ini dalam menunjang keberhasilan suatu proyek pembangunan jalan, bangunan, dan lainnya.
  • Pekerjaan jalan seperti beton maupun juga aspal tentunya memerlukan alat yang satu ini. Sebab, material yang ada pada Medan tersebut pastinya banyak terdapat hal yang sangat keras. Sehingga perlu untuk dihancurkan dengan menggunakan alat tersebut tentunya pekerjaan akan lebih mudah.
  • Pekerjaan seperti penghancuran atau pun juga pemutusan jembatan dapat digunakan dengan alat hydraulic breaker. Sebab, penggunaan alat tersebut dapat menjamin pekerjaan yang dikerjakan dengan waktu tepat karena tidak memerlukan waktu yang lama.

Penggunaan dan Perawatan dari Hydraulic Breaker

Alat yang satu ini tentu saja sangat berguna untuk kegiatan konstruksi, pertambangan, ataupun pekerjaan yang memerlukan bantuan alat khusus untuk menghancurkan suatu material yang sangat keras. Akan tetapi, Anda juga perlu hati-hati dalam merawat dan juga dipastikan keamanannya seperti mesin industrial. Untuk operator yang berpengalaman juga harus dapat bekerja satu sama lain dalam mencegah terjadinya kecelakaan pada saat pengoperasian alat berat yang satu ini.

Pemahaman tentang bagaimana mesin dapat bekerja dengan baik dan dapat memperpanjang daya tahan penggunaan dari alat seperti hidrolik breaker. Penembakan kosong dapat saja terjadi ketika ada benda atau bahan yang dapat menerima gaya pemutus dari hydraulic  breaker Anda. Piston hydraulic bisa menembak pada batang alat, tetapi juga energi tersebut bisa diserap oleh udara yang mati dari guncangan akan dikirim juga kembali alat yang dapat menabrak guncangan yang lainnya.

Sama pada mesin lainnya hydraulic breaker ini perlu diinspeksi. Sebelumnya juga penggunaannya untuk memastikan mesinnya masih baik pada saat digunakan. Komponen yang tidak bisa dan terlihat dalam mesin harus juga dicatat dan juga operator bisa memastikan bahwa hal itu tidak akan mengganggu kinerja dari mesin operator. Hal itu bisa memasukkan minyak gemuk yang digunakan juga saat pengoperasian. Pastikan juga bahwa Anda dan juga operator senantiasa dalam mengikuti protokol keamanan dalam mengikuti petunjuk manual yang telah dibuktikan dari distributor alat.

Untuk instalasi hydraulic breaker pada alat berat tentunya dibutuhkan mounting kit yang bisa mengalihkan hidrolik oli pada pompa alat berat ke dalam suatu breaker. Agar sistemnya tidak akan sulit serta dapat memudahkan operasional tentunya hendak menggunakan quick coupler dan juga pin grabbing yang bisa memudahkan posisi sang breaker.

Cara Penggunaan Hydraulic Breaker yang benar agar terhindar dari biaya perbaikan yang amat mahal

Ada beberapa aturan umum yang dapat Anda ikuti dalam menjalankan tersebut berikut ini:

  • Dapat dijalankan breaker pada kursi operator dalam memastikan kontrol maksimalnya.
  • Tetap selalu waspada pada puing-puing yang berkembangan. Anda perlu menggunakan pengaman dalam bagian wajah dan juga pastikan supaya jendela dan layak operator tetap tertutup dengan sempurna.
  • Apabila memasang dan juga memuaskan¬† tentunya harus berhati-hati dengan pinch point.
  • Pastikan juga bahwa stiker dan juga papan tanda keselamatan akan senantiasa dapat untuk dibaca secara jelas.

Penggunaan ukuran attachment yang sangat tepat perlu untuk dilakukan.

Hal yang harus diperhatikan terkait keamanan penggunaan hydraulic breaker

Ada beberapa tindakan dalam pencegahan dari operasional yang dapat Anda ikuti berikut ini:
  • Hidrolik ini hanya perlu digunakan secara tegak lurus yaitu terhadap benda.
  • Penggunaan dari attachment tidak bisa mengangkat dari excavator pada tanah.
  • Mulai pengerjaan dari tepi objek. Oleh karena itu, bukan dari tengah objek tersebut.

Pada saat bekerja dengan trench tentunya jangan membiarkan alat pemecah dapat menghantam dinding dari Trench.

Alasannya berikut ini supaya Anda lebih memahami dalam menggunakan hydraulic breaker ini:

  • Anda jangan menekan pada tempat yang sama sekitar 15 detik secara berturut-turut supaya penggunaannya lebih optimal dan tidak terjadi masalah yang dapat merusak alat itu.
  • Jangan pula menggunakan alat tersebut dalam mengangkat suatu objek apapun. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan hal tersebut supaya penggunaannya tidak salah.
  • Jangan pula menggunakan hydraulic breaker dalam memindahkan bebatuan karena hal itu sangat beresiko. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan modul penggunaan dengan tepat supaya pemakaian alat tersebut juga bisa digunakan secara benar.
  • Jangan pula menggunakan hydraulic breaker untuk pembongkaran. Agar Anda dapat menggunakan alat tersebut untuk pemakaian yang tepat dapat melihat modul ataupun apa yang telah dikatakan dari pihak penjual alat itu.
  • Tidak disarankan juga untuk merendam hydraulic breaker ini pada air dengan kedalaman yang tidak dapat untuk dilihat. Sehingga alat tersebut tidak bisa untuk terdeteksi karena dapat membuat mesin di dalamnya bisa rusak dan juga mengalami kendala tertentu pada saat digunakan kembali.

Simak waktu yang tepat dalam menghentikan pengawetan dari hidrolik  berikut ini:

  • Ketika selang hidrolik mulai untuk berdetak keras, maka hal itu dapat menandakan Anda perlu untuk menghentikan penggunaan dari alat tersebut.
  • Apabila ujung dan juga pahat atau stop berhenti bergerak alat tentu saja dapat tersangkut kemungkinan tersebut dapat mengindikasikan bahwa hydraulic breaker perlu untuk penghentian pengoperasiannya.
  • Saat oli hidrolik sudah mulai bocor tentunya gas atau bagian lain mungkin juga bisa aus untuk pengoperasiannya sehingga dapat dihentikan terlebih dahulu.

Penggunaan hydraulic breaker ini tentu sangat penting pada kegiatan proyek pembangunan konstruksi atau juga pertambangan dan pekerjaan yang memerlukan bantuan alat seperti penghancuran suatu material yang keras. Hydraulic breaker Seri DYB 800 yang ringan serta kuat dan juga stabil dihentakkan 6000 Joule lebih dapat Anda gunakan untuk pekerjaan tersebut. Sedangkan pengecekan infrormasi dan pembeliannya dapat dilakukan melalui link https://jindiheavyequipment.com/hydraulic-breaker-dyb-800/.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top