Kesalahan penyimpanan hydraulic breaker

Kesalahan penyimpanan hydraulic breaker umumnya terjadi karena kurangnya pengetahuan teknisi, malas merawat, membersihkan, dll.

Kami akan membahas satu persatu, apa saja yang bisa membuat hydraulic breaker bisa dinyatakan salah.  Untuk penyimpanan jangka pendek maupun jangka Panjang.

tips agar hydraulic breaker di simpan dengan baik dan benar.

kesalahan penyimpanan hydraulic breaker
Meletakkan hydraulic breaker tidak pada tempatnya

Perhatikan gambar di atas adalah contoh kesalahan dalam meletakkan hydraulic breaker, secara sembarangan dan serampangan.

Ketika hydraulic breaker bersinggungan langsung, dengan berbagai objek seperti tanah, lantai, dll. Maka saat itu hydraulic breaker anda akan dengan mudah rusak.

Karena tanah dan lantai bisa membuat lembab, dan juga bisa membuat umur pemakaian menjadi lebih pendek. Jika anda berpikir bahwa hydraulic breaker itu bisa seenaknya, diletakkan dimana saja maka anda salah.

Karena pada dasarnya setiap komponen, yang ada pada hydraulic breaker sensitif, Untuk itu anda perlu meletakkan, hydraulic breaker pada tempat yang benar. Semisal anda letakkan hydraulic breaker di atas kayu, penyangga seperti gambar dibawah ini.

Anda bisa melihat bahwa dengan menaruh seperti posisi yang ada digambar, anda telah menyelematkan biaya perbaikan yang amat besar. Penting diketahui sebagai dasar pengetahuan, untuk penyimpanan hydraulic breaker.

peletakkan hydraulic breaker yang benar
Komponen yang akan rusak jika meletekkan hydraulic breaker sembarangan

Komponen yang akan mengalami kerusakan, jika diletetakkan secara sembarangan diantaranya adalah, chisel, front bush / outer bushing, piston, control valve, body berkarat, sealing di antara piston dan control valve.

Kerusakan bisa terjadi pada 1 sparepart, maupun keseluruhan sparepart jika hydraulic breaker terlalu lama diletakkan, pada tempat sembarangan, jenis kerusakan yang sering dialami adalah korosi, aus, macet, berdebu, kotor, dll.

Maka dari itu anda harus memperhatikan dengan baik, bagaimana anda menyimpan hydraulic breaker dengan baik dan benar.

Cara penyimpanan hydraulic breaker jangka pendek dan jangka panjang

Pertama anda harus menutup gate valve pada excavator, lalu putuskan selang hydraulic dari excavator dan lepas dari gate valve.

kemudian tampung sisa oli yang mengendap di selang hydraulic ke dalam bejanan, atau bak yang bersih dan bebas dari debu.

Lalu pasang penutup pada gate valve excavator dan juga ujung selang yang menempel pada hydraulic breaker.

Dan yang terakhir adalah letakkan hydraulic di posisi tidur atau horizontal pada blok kayu tebal, agar tidak langsung menyentuh tanah.

Dan juga letakkan selang pada bagian atas, untuk tidak bersentuhan dengan tanah atau lantai.

Kemudian lepaskan mounting bracket pin lalu letakkan di samping hydraulic breaker pada blok kayu.

Kemudian tutup hydraulic breaker dengan terpal tahan air, agar terhindar dari debu yang berterbangan dan juga tetesan air hujan jika ditempatkan pada ruang terbuka.

Untuk penyimpanan jangka panjang sama seperti langkah-langkah penyimpangan jangka pendek yang saya sebutkan sebelumnya.

Namun ada tambahan lainnya, yaitu melepas chisel dari hydraulic breaker kemudian, berikan pelumas pada ujung atas chisel lalu masukkan kembali ke dalam hydraulic breaker.

Dan anda wajib membuang sisa gas nitrogen yang ada pada charging valve, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, selama hydraulic breaker disimpan dalam jangka waktu yang lama.

Demikian lah petunjuk penyimpanan hydraulic breaker ini kami rangkum dalam artikel ini, untuk informasi lebih lanjut anda bisa hubungi kami melalui WA 085211112355